Latest News

HANYA TITIPAN - SEJARAH SINGKAT PERISTIWA ISRO MI'RAJ RASULULLAH SAW





SEJARAH SINGKAT PERISTIWA ISRO MI'RAJ RASULULLAH SAW

Diceritakan oleh K.H.Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Guru Sekumpul Martapura)
Peristiwa ini dialami Rasulullah SAW, pada tahun duka cita ('amul hazan) karena ke 2 orang kesayangan Rasulullah SAW wafat, yaitu paman beliau Abu Thalib. Dan istri tercinta beliau sayyidah Khadijah.

Kemudian Allah ta'ala menyenangi hati Rasulullah SAW dengan meng'Isro Mi'rojkan Rasulullah SAW. Allah ta'ala menyuruh malaikat Jibril untuk membelah dada Rasulullah SAW untuk mensucikan hati Rasulullah SAW.

Padahal hati beliau sebelumnya sangatlah suci dan bersih, akan tetapi Allah SWT yang menyuruh supaya dibersihkan lagi dengan air zam-zam yang ada disurga.

Pembedahan dada Rasulullah SAW oleh malaikat Jibril terjadi 2x.

Pertama pada saat beliau waktu kecil masih dalam anak-anak saat bermain dengan teman sebaya beliau, kedua pada saat Isro Mi'raj. Kemudian Allah SWT menyuruh malaikat Jibril untuk memilih buroq dari surga sebagai tunggangan Rasulullah SAW, karena di syurga itu sangat banyak buroq yang berwarna putih dan gagah.

Tapi ada 1 buroq yang sedih yang lesu tampak seperti sakit. Kemudian malaikat Jibril bertanya kepada buroq "kenapa engkau sedih wahai buroq?"

Dijawab buroq "aku sangat rindu kepada yang namanya Rasulullah" bahkan sampai aku sakit dan lesu seperti ini hanya karena rindu dengan beliau. Semua buroq yang ada di syurga semuanya gagah dan gembira tetapi satu buroq itu saja yang lesu betapa sangat rindunya sama Rasulullah SAW.

Kemudian malaikat Jibril memilih buroq yang sakit dan lesu tadi sebagai tunggangan Rasulullah SAW. Setelah malaikat Jibril menyuruh Rasulullah naik ke buroq tadi, buroq tadi akhirnya gembira dan tidak lesu lagi bahkan menjadi gagah perkasa karena yang dirindukannya menungganginya. Kecepatan buroq tadi sangat cepat bahkan lebih cepat dari buroq yang lainnya.

Kecepatan buroq itu melebihi kilat menyambar, buroq ini lebih besar dari keledai dan lebih kecil dari kuda.

Berbagai macam kejadian yang Rasulullah SAW lihat dalam perjalanan, akhirnya Sampai kelangit pertama bertemu dengan nabi Adam as.ringkas kata, sampai kelangit ke-7 Rasulullah SAW bertemu nabi Musa as dan kemudian menuju sidrotil muntaha tempat dimana Rasulullah SAW bertemu dzat wajibul wujud Allah ta'ala yang mana semua Nabi dan malaikat tidak bisa menuju kesana cuma Rasulullah SAW saja yang bisa.

Disitulah Allah ta'ala bertemu dzat wajibul wujudnya yang Laisa kamitslihi syai'un tidak ada seumpamanya Allah ta'ala dengan sesuatu yang Allah ta'ala menampakkan dzat wajibul wujudnya kepada Rasulullah SAW.

Kemudian Rasulullah SAW, mendapat perintah dari Allah ta'ala untuk ummat beliau, yaitu shalat 50 waktu dalam sehari. Rasulullah SAW turun kelangit ke-7 bertemu nabi Musa As.

BerKata nabi Musa a.s
"wahai Rasulullah,apa yang engkau bawa?

Jawab Rasulullah saw"shalat 50 waktu dalam sehari.

Kata nabi Musa a.s
"Engkau bersama ummat engkau tidak akan sanggup untuk melaksanakannya wahai Rasulullah".
Kemudian Rasulullah SAW kembali lagi ke sidrotil muntaha menghadap Allah meminta keringanan.
Ringkas kata,9x Rasulullah SAW. Bolak-balik disuruh nabi Musa a.s untuk minta keringanan.
Hikmahnya nabi Musa a.s menyuruh bolak- balik adalah nabi Musa a.s ingin selalu melihat wajahnya Rasulullah SAW, sampai-sampai di riwayatkan Nabi Musa a.s rela melepaskan kenabian dan kerasulannya demi menjadi ummatnya Rasulullah SAW.

Kejadian Rasulullah bolak-balik tadi sampai 9x jadi yang terakhir yaitu sisa 5 waktu saja.
Oleh karena itu, shalat 5 waktu dzhuhur, ashar, maghrib, isya dan shubuh adalah Perintah dan oleh-oleh Rasulullah SAW.

Dari sidrotil muntaha pada peristiwa Isro Mi'raj dimalam hari dan kejadian ini memakan hanya 1 malam saja pada tanggal 27 Rajab. Dan bermula orang yang pertama kali membenarkan dan percaya kepada Rasulullah SAW pada isro mi'raj adalah sayyidina Abu Bakar AsShiddiq.

Maka dari itu awal-awal nya diberi gelar as-Shiddiq, sayyidina Abu Bakar membenarkan dan percaya kepada Rasulullah SAW. Maka dari itu shalat 5 waktu wajib bagi ummat muslim khususnya bagi ummat Nabi Muhammad SAW yang baligh dan berakal.

Mudahan dengan berkah Rasulullah SAW.

kita semua dapat syafa'at nya Rasulullah Muhammad SAW. nanti di akherat.

Barakah Syafaat Rasulullah SAW lah yang menyelamatkan kita di padang Mashar nanti.
Mudahan kobul semua hajat dan niat kita semua.

Barakah mencintai Rasulullah Sayyidina Muhammad bin Abdillah.

ﺍﻣﻴﻦ ﺍﻣﻴﻦ ﺍﻣﻴﻦ ﻳﺎ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ

ﺍَﻟﻠﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻝِ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﷺ


Sumber dari Halaman Facebook : Hanya Titipan
https://web.facebook.com/TitipanID














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kredit Gadai BPKB di Mega Central Finance Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Gooyaabi Templates